Asma, - (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN 113 KARAWAK. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Asma] Text (Skripsi Asma)
SKRIPSI_LENGKAP_ASMA_2025_(1)_(2)_(1)[1].pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penelitian Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku untuk Siswa Kelas IV di SDN 113 Karawak. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku, (2) Mengetahui Validitas Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Keunikan Kebiasaan masyarakat di Sekitarku, dan (3) Mengetahui Praktikalitas Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu: (1) tahap analyze, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, (5) tahap evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 113 Karawak dilaksanakan pada tahun 2024, sedangkan objek penelitian adalah Buku ajar berbasis kearifan lokal pada materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan angket kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan tahap analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di SDN 113 Karawak, hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi sebanyak 80%, buku ajar bergambar dan berwarna yang disukai siswa sebanyak 80%, bentuk soal yang disukai siswa adalah pilihan ganda sebanyak 75%, dan etnis siswa dari 20 siswa yang paling banyak adalah etnis bugis sebanyak 55%. Selanjutnya buku ajar divalidasi oleh tiga orang ahli sebagai validator di antaranya ahli desain 87,5% (sangat valid), ahli materi 83,33% (sangat valid), dan ahli bahasa 92,5% (sangat valid). Sedangkan untuk hasil praktikalitas dengan melibatkan 20 siswa dan seorang guru wali kelas IV sebagai subjek penelitian memperoleh nilai yang sangat positif dengan hasil 89,77% dari siswa dan 89,77% dari guru kelas IV dengan tingkat praktikalitas sangat praktis.

Kata Kunci: Buku Ajar, Kearifan Lokal, Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:20
Last Modified: 21 Jul 2025 02:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item
View Item