Alsufi, Alsufi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV SDN 030 SABBANG LOANG LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi ALSUFI] Text (Skripsi ALSUFI)
SKRIPSI ALSUFI (PAI 20).pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan fakta yang peneliti dapatkan dikelas IV SDN 030 Sabbang Loang Luwu Utara, menunjukkan bahwa masih kurang media pembelajaran disekolah tersebut, guru hanya mengajar menggunakan buku paket yang bersifat konvensional dan belum menggunakan media bervariasi seperti Media Pembelajaran Busy Book, sehingga berdampak terhadap kurangnya minat belajar
peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui tahapan pengembangan media busy book, 2) Untuk mengetahui validitas media busy book, 3) Untuk mengetahui praktikalitas
media busy book, dan 4) Untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran busy book dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas IV SDN 030 Sabbang Loang. Jenis penelitian ini menggunakan R & D (research & development) dengan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik dan satu guru.
Data pada penelitian ini diperoleh dari validasi produk oleh ahli media, ahli materi, respon guru, dan angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Media pembelajaran busy book sangat
valid digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi beriman kepada Rasul-rasul Allah berdasarkan penilaian dari validator dengan persentase 82% dari ahli media, 98% dari ahli materi. Uji coba praktikalitas melalui angket respon peserta didik sebesar 90% dan respon guru
sebesar 98% dengan kategori sangat praktis, dan uji keefektifan Nilai pre-test dan post-test peserta didik diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,8 dengan presentase 87% dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:15
Last Modified: 21 Jul 2025 02:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item
View Item