Imran, Risdayani (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL DI TANA LUWU TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi RISDAYANI IMRAN] Text (Skripsi RISDAYANI IMRAN)
SKRIPSI RISDAYANI IMRAN (PAI 20).pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Modul Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Terintegrasi Kearifan Lokal di Tana Luwu Terhadap Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui tahap pengembangan modul ajar SKI terintegrasi kearifan lokal di Tana Luwu terhadap
peserta didik kelas VII MTs Negeri Palopo; Untuk mengetahui hasil uji validitas modul ajar SKI terintegrasi kearifan lokal di Tana Luwu terhadap peserta didik kelas VII MTs Negeri Palopo; Untuk mengetahui hasil uji praktikalitas modul ajar SKI terintegrasi kearifan lokal di Tana Luwu terhadap peserta didik kelas VII MTs
Negeri Palopo. Jenis penelitian ini adalah Research & Development atau (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas VII MTs Negeri Palopo. Teknik pengumpulan data didapat
melalui wawancara, lembar penilaian (angket), dan Dokumentasi pada pengembangan modul ajar SKI terintegrasi kearifan lokal membahas materi gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengembangan modul ajar SKI terintegrasi kearifan lokal dilakukan menggunakan
model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi); Hasil uji validitas dari ahli media memperoleh persentase 75% dengan kategori valid, ahli materi dengan persentase sebesar 98% dengan
kategori sangat valid, dan ahli bahasa dengan persentase 67% dengan kategori valid; Hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru SKI dan peserta didik kelas VII MTs Negeri Palopo dengan memperoleh hasil rata-rata 81% dari peserta didik dengan kategori sangat praktis dan hasil respon pendidik dengan persentase dari aspek materi diperoleh 90%, aspek ketertarikan 87,5%, aspek kreatif 87,5%, aspek efisiensi 87,5%, dan aspek interaktif 87,5%. Sehingga diperoleh dari rata-rata
persentase adalah 88% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X6.7 Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:22
Last Modified: 21 Jul 2025 02:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item
View Item