Wilda S, Nurul (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI CERITA FIKSI RAKYAT LUWU BERBASIS METODE SHOW AND TELL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 632 SARONDA KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi nurul wilda] Text (Skripsi nurul wilda)
SKRIPSI FIX NURUL WILDA S 18 Maret 2025.pdf

Download (97MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis kebutuhan Modul ajar bahasa Indonesia tentang materi cerita fiksi rakyat Luwu berbasis metode show and tell untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 632 Saronda kabupaten
Luwu, mengetahui desain modul ajar materi cerita fiksi rakyat Luwu berbasis metode show and tell untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 632 Saronda kabupaten Luwu, mengetahuai kevalidan Modul ajar materi cerita fiksi rakyat Luwu
berbasis metode show and tell untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 632 Saronda kabupaten Luwu, mengetahui kepraktisan modul ajar materi cerita
fiksi rakyat Luwu berbasis metode show and tell untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 632 Saronda kabupaten Luwu, dan mengetahui keefektifan modul ajar materi cerita fiksi rakyat Luwu berbasis metode show and tell
untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 632 Saronda kabupaten Luwu Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap
analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 632 Saronda, subjek penelitian adalah siswa
kelas V yang berjumlah 21 orang dan wali kelas V serta validator. Objek yang diteliti Modul ajar Bahasa Indonesia tetang cerita fiksi rakyat Luwu. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan
analisis kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah analisis kebutuhan bahwa siswa lebih menyukai bahan ajar yang memiliki warna dan gambar yang menarik agar lebih semangat untuk belajar , selanjutnya dilakukan uji kevalidan produk. Hasil validasi
desain pembelajaran memperoleh nilai 85% kategori sangat valid, validasi materi memperoleh nilai 90% kategori valid, dan validasi bahasa memperoleh nilai 86,11% kategori sangat valid, pada tahap implementasi setelah produk dinyatakan valid
selanjutnya memberikan angket kepraktisan kepada peserta didik dengan memperoleh nilai sebesar 90,38% dan kepraktisan guru memperoleh nilai sebesar 95%, Serta berdasarkan hasil uji coba keefektifan yang telah dilakukan pada siswa kelas V diperoleh nilai rata-rata pre-test 47,56 sedangkan rata-rata nilai post-test
sebesar 87,29. Hasil uji N-Gain memperoleh rata-rata 0,76 dengan kategori tinggi. Sehingga modul ajar materi cerita fiksi rakyat Luwu berbasis metode show and tell ini efektif digunakan untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas V.
Kata Kunci: pengembangan modul ajar, cerita fiksi rakyat Luwu, metode show and tell, keterampilan berbicara, SDN 632 Saronda, Kabupaten Luwu.
xxii

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:44
Last Modified: 21 Jul 2025 02:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10858

Actions (login required)

View Item
View Item