Febrian, Jufri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR PADA SISWA KELAS IV SDN 228 PEMBASEAN KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Jufri Febrian] Text (Skripsi Jufri Febrian)
SKRIPSI FIKS SEKALI JUFRI FEBRIAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa, mengukur validitas, serta mengukur tingkat kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Android menggunakan Smart Apps Creator dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 228 Pembasean Kabupaten Luwu Utara terhadap materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SDN 228 Pembasean dengan subjek penelitian guru dan 15 orang siswa di kelas IV. Objek yang diteliti adalah media pembelajaran berbasis Android. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Sedangkan teknik analisis data meliputi analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa peserta didik lebih menyukai media pembelajaran yang interaktif, proses desain media dilakukan dengan menggunakan canva dan Smart Apps Creator. Media pembelajaran yang dikembangkan telah melalui tahap validasi ahli media, bahasa dan materi dengan kategori sangat valid. Pengujian kepraktisan oleh guru mendapatkan skor 95,83%, sementara tanggapan siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 87,78%, yang berarti media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Analisis efektivitas berdasarkan hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan pemahaman siswa sebesar 93,26%, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia, serta mendukung pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif di sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Smart Apps Creator, Keragaman Suku Bangsa, Pembelajaran Berbasis Android.

ABSTRACT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika
000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:03
Last Modified: 21 Jul 2025 03:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item
View Item