Kartika, Amma Amalia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI HUKUM MAD THABI’I, MAD WAJIB MUTTASIL DAN MAD JAIZ MUNFASHIL DI KELAS VII MTsN PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi AMMA AMALIA KARTIKA] Text (Skripsi AMMA AMALIA KARTIKA)
SKRIPSI AMMA AMALIA KARTIKA (PAI 20).pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini menjabarkan perihal Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Hukum Mad Thabi’i, Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil di Kelas VII MTsN Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android; serta untuk
mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran berbasis aplikasi android materi hukum mad thabi’i, mad wajib muttashil dan mad jaiz munfashil di kelas VII MTsN Palopo. Penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) merupakan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini
dengan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Devlopment, Implementation and Evaluation) dimana terdiri atas 5 tahap yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi serta evaluasi. Pengembangan media
pembelajaran berbasis aplikasi android ini menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang memiliki beberapa fitur diantaranya yaitu tampilan materi tertulis yang dilengkapi dengan gambar animasi juga audio, materi video serta kuis. Penelitian ini dilakukan di MTsN Palopo
dengan subjek penelitian merupakan peserta didik Kelas VII sejumlah 36 responden. Adapun instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu instrumen wawancara dan angket. Proses wawancara dilakukan
terhadap guru mata pelajaran al-Qur’an hadis untuk menganalisis kebutuhan dan kurikulum yang diterapkan. Untuk menguji validitas produk pengembangan dilakukan validasi oleh validator ahli materi dan ahli media dengan mengisi angket validitas yang telah disiapkan sebelumnya. Untuk melihat hasil kepraktisan produk dilakukan dengan memberikan angket praktikalitas produk untuk peserta didik dan guru. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deksriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan
bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android sangat valid digunakan berdasarkan perolehan nilai 87% dari ahli media, 96% ahli materi juga mendapatkan kategori sangat praktis dengan perolehan nilai 97% dari guru dan 90% dari peserta didik pada uji kepraktisan. Dari perolehan hasil tersebut dapat diketahui
bahwa penelitian ini dinyatakan sangat valid dan praktis dimana hal tersebut menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:12
Last Modified: 21 Jul 2025 03:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item
View Item