Haerunnisa, Haerunnisa (2025) TRANSFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI IMPLEMENTASI ELECTRONIC GOVERNMENT (Studi Kasus di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo). Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Haerunnisa] Text (Skripsi Haerunnisa)
Haerunnisa fiks-1.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi pelayanan Administrasi kependudukan melalui implementasi E-Government, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam transformasi, dan untuk mengetahui dampak penerapan E-Government di Kantor Dinas Kependudukan dan
Catatan Sipil Kabupaten Wajo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Hukum Empiris dengan pendekatan studi kasus di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi, teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Transformasi pelayanan administrasi kependudukan melalui implementasi e-government di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo merupakan langkah strategis
dalam meningkatkan transparansi, pengelolaan data yang lebih baik, efisiensi biaya oprasional dan kemudahan akses bagi masyarakat. Kedua, faktor pendukung dalam Transformasi digital dari segi sumber daya manusia, anggaran yang cukup untuk
peningkatan kapasitas SDM dan infrastruktur teknologi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo yang cukup memadai, serta literasi digital masyarakat cukup baik. Namun dalam hal tersebut yang menjadi faktor penghambat yaitu akses internet yang tidak memadai di sebagian daerah di
Kabupaten Wajo. Ketiga, Dampak Penerapan E-Government meningkatkan pelayanan dengan mempercepat proses pengurusan dokumen, mengurangi antrian, dan proses pengelolaan data menjadi lebih baik. Tetapi dalam penerapan E
Government membutuhkan pembatasan akses agar masyarakat tidak menyalahgunakan situs web yang dimana masyarakat dapat mengajukan berkas lebih dari satu untuk satu orang, sehingga satu orang bisa mengambil nomor antrian dengan jumlah yang banyak. Kata Kunci:E-Government, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Transformasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 342 Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Tata Negara
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:36
Last Modified: 21 Jul 2025 03:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item
View Item