Kadir, Meutia (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERHADIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Mutia Kadir] Text (Skripsi Mutia Kadir)
Skripsi Mutia kadir.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan media ular tangga berhadiah siswa kelas IV SDN 24 Temmalebba dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran ular tangga berhadiah siswa kelas IV SDN 24 Temmalebba.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilakukan di SDN 24 Temmalebba Kota Palopo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran ular tangga berhadiah dilihat dari aktivitas guru dalam pelajaran Pendidikan Pancasila pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 33 dengan persentase (69%) kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 45 dengan persentase (94%) sangat baik. Kemudian pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai ratarata 31 dengan persentase (71%) kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 41 dengan persentase (93%) kategori sangat baik. Selanjutnya pada hasil belajar siswa sebelum diterapkan media pembelajaran ular tangga berhadiah mendapat nilai rata-rata 62,67 (13%). Setelah diterapkan media pembelajaran ular tangga berhadiah pada siklus I menujukkan nilai rata-rata 73,77 (55%) dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,81 (91%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran ular tangga berhadiah dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN 24 Temmalebba Kota Palopo.
Kata Kunci: Media Ular Tangga, Hasil Belajar, PTK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:13
Last Modified: 21 Jul 2025 06:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

View Item
View Item