Nadelia, - (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN AWAL DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS IV SDN 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nadelia] Text (Skripsi Nadelia)
Skripsi_Nadelia-AK20PGMI-1[1].pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak adanya instrumen asesmen awal yang digunakan dalam mengidentifikasi kemampuan dasar dan karakteristik peserta didik di SDN 24 Temmalebba sehingga guru kesulitan dalam menentukan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk:
(1) Menganalisis kebutuhan, (2) Mengetahui rancangan pengembangan instrumen asesmen awal, (3) Mengetahui kevalidan instrumen asesmen awal, dan (4) Mengetahui kepraktisan pengembangan instrumen asesmen awal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 24 Temmalebba sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah peneliti dapatkan bahwa kelas IV SDN 24 Temmalebba membutuhkan instrumen asesmen awal.
Kelayakan instrumen asesmen awal dapat dilihat dari hasil perolehan validasi ahli kurikulum sebesar 81,81%, ahli bahasa sebesar 91,42%, ahli evaluasi sebesar 82,5%, hasil respon pendidik terhadap kepraktisan instrumen asesmen awal sebesar 97,5% dan hasil respon peserta didik sebesar 86,42%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen asesmen awal dalam pembelajaran berdiferensiasi sangat valid dan praktis digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik peserta didik.

Kata kunci: Instrumen, Asesmen Awal, Pembelajaran Berdiferensiasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.102 Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:37
Last Modified: 21 Jul 2025 06:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item
View Item