UNSPECIFIED PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III DI SDN 09 MATTEKKO KOTA PALOPO. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Skripsi Suryani] Text (Skripsi Suryani)
SURYANI(2102010040) (2).pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan media ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media ular tangga di kelas III SDN 09 Mattekko Kota Palopo dan mengetahui penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SDN 09 Mattekko Kota Palopo yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga mengalami peningkatan dengan hasil akhir sebanyak 83,33% dengan kategori aktif. Kemudian pelaksanaan prasiklus yaitu tes kemampuan membaca Al-Qur’an siswa diperoleh ketuntasan belajar sebanyak 36% siswa mengenal huruf Hijaiyah, sebanyak 31% siswa yang menguasai Ilmu Tajwid, dan sebanyak 36% siswa yang lancar membaca Al-Qur’an. Setelah penerapan media ular tangga hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes mengaji siklus I yaitu tes mengenal huruf Hijaiyah diperoleh persentase sebanyak 55% (kurang), penguasaan Ilmu Tajwid sebanyak 61% (kurang), serta pada kelancaran 61% (kurang). Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu tes mengenal huruf Hijaiyah memperoleh persentase sebanyak 82% (cukup), dan penguasaan Ilmu Tajwid sebanyak 81% (cukup), serta kelancaran sebanyak 92% (sangat baik). Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa dengan melalui penerapan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III SDN 09 Mattekko Kota Palopo. Dengan demikian, penerapan media ular tangga dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Media Ular Tangga, Meningkatkan Kemampuan, Membaca Al-
Qur’an

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:31
Last Modified: 21 Jul 2025 07:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10892

Actions (login required)

View Item
View Item