Purwanti, Rahma (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI RAGAM JENIS HEWAN DI KELAS III SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Rahma Purwanti]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RAHMA PURWANTI (PGMI 20).pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran bamboo dancing di kelas III SDN 41 Batu Putih Kota Palopo dan mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada materi ragam jenis hewan melalui penerapan metode pembelajaran bamboo dancing di kelas III SDN 41 Batu Putih Kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan angket serta dianalisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat proses penerapan metode pembelajaran bamboo dancing berjalan dengan efektif dibuktikan dengan meningkatnya minat belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, aktivitas siswa memperoleh nilai nilai rata-rata (45%) dengan kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi (84%) dengan kategori sangat baik. Kemudian, pada siklus 1 aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata (54,33%) dengan kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi (86%) dengan kategori sangat baik. Selanjutnya pada minat belajar siswa sebelum diterapkan metode bamboo dancing mendapatkan nilai rata-rata (45%) dengan kategori sangat kurang. Setelah diterapkan metode bamboo dancing pada siklus I menunjukkan persentase sebesar (51%) dengan kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata (90%) dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPAS di Kelas III SDN 41 Batu Putih Kota Palopo.
Kata Kunci: Metode Bamboo Dancing, Minat Belajar, PTK.
ABSTRACT
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10895 |