Azizah, Wafiq (2025) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi WAFIQ AZIZAH] Text (Skripsi WAFIQ AZIZAH)
SKRIPSI WAFIQ AZIZAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Membina Perilaku Belajar Siswa Broken Home di Madrasah Aliyah Negeri Palopo.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengungkap perilaku belajar siswa broken home di Madrasah Aliyah Negeri Palopo; 2) Mengetahui perilaku sosial dan keagamaan siswa broken home di Madrasah Aliyah Negeri Palopo; 3) Menelusuri bagaimana upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam membina
perilaku belajar siswa yang broken home di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini memiliki lima subjek siswa yang broken home dan satu orang guru BK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dari segi perilaku belajar siswa yang mengalami broken home ada yang positif dan negatif, perilaku belajarnya seperti lalai dalam mengerjakan tugas, tidak konsentrasi dalam proses pembelajaran, motivasi belajar menurun, 2) Dari segi perilaku sosial dan keagamaan siswa yang mengalami broken home menunjukkan perilaku yang sudah cukup baik. Perilaku sosial mereka seperti ada yang suka bercanda di kelas, menutup diri dari lingkungan, interaksinya bagus secara sosial dan pertemanan, sedangkan perilaku keagamaan mereka dari segi ibadah ada yang bagus ada yang tidak, namun secara sikap dan etika mereka memiliki perilaku yang baik, 3) Upaya yang dilakukan
guru BK dalam membina perilaku belajar siswa yang mengalami broken home seperti membangun kepercayaan siswa terhadap guru BK, memberikan saran, nasehat, dan pemahaman kepada siswa, serta memberikan program layanan bimbingan dan konseling di sekolah sesuai dengan pola 17 plus. Setelah dilakukan
upaya oleh guru BK terdapat tiga siswa yang mengalami perubahan dari segi perilaku belajarnya.
Kata Kunci: Perilaku Belajar, Sosial, Keagamaan, Broken Home

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:10
Last Modified: 22 Jul 2025 01:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10902

Actions (login required)

View Item
View Item