Janna, Raodatul (2025) ENGEMBANGAN LKPD PADA TEMA INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS V UPT SDN 096 PATTAHE KECAMATAN SEKO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Raodatul Janna]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RAODATUL JANNA(PGMI 20).pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan LKPD pada Tema Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam Menggunakan Metode Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Pada Kelas V UPT SDN 096 Pattahe Kecamatan Seko. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui kebutuhan siswa terhadap LKPD
pada tema interaksi manusia dengan lingkungan alam menggunakan metode pembelajaran word square berbantuan media gambar pada kelas V UPT SDN 096 Pattahe Kecamatan Seko; Untuk mengetahui kevalidan dari pengembangan LKPD
pada tema interaksi manusia dengan lingkungan alam menggunakan metode pembelajaran word square berbantuan media gambar pada kelas V UPT SDN 096 Pattahe Kecamatan Seko; Untuk mengetahui praktikalitas dari pengembangan
LKPD pada tema interaksi manusia dengan lingkungan alam menggunakan metode pembelajaran word square berbantuan media gambar pada kelas V UPT SDN 096 Pattahe Kecamatan Seko. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and
development (R&D) dengan model penelitian 4-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), desing (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN
096 Pattahe sebanyak 12 orang. Objek yang diteliti adalah LKPD berbantuan media gambar. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik lebih menyukai media pembelajaran yang
menarik, berwarna dan bergambar. Bahan ajar LKPD yang dikembangkan kemudia divalidasi untuk memastikan kelayakannya. Hasil validasi desain LKPD memperoleh 93% dengan kategori sangat valid, validasi materi mendapatkan skor
94% dengan kategori sangat valid, validasi bahasa memperoleh skor 75% dengan kategori cukup valid, dan validasi guru atau wali kelas memperoleh skor 85% dengan kategori valid. Adapun hasil praktikalitas peserta didik mendapatkan skor
93% dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10903 |