Mujahida, Nurul (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nurul Mujahida]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL MUJAHIDA (PENDIDIKAN MATEMATIKA 21).pdf
Download (15MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan video animasi pembelajaran berbantuan Powtoon untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas video animasi pembelajaran, praktikalitas video animasi pembelajaran, efektivitas video animasi pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Palopo, efektivitas video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Palopo, dan prototype akhir video animasi pembelajaran matematika.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Merkurius SMAN 1 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi produk (materi dan media), angket praktikalitas siswa, angket motivasi belajar matematika siswa (sebelum dan sesudah menggunakan video) dan soal tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan video animasi pembelajaran menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli materi dan media berada pada kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitas oleh siswa berada pada kategori sangat praktis, (3) hasil uji efektivitas terhadap motivasi belajar matematika siswa berada pada kategori efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Palopo, (4) hasil uji efektivitas terhadap hasil belajar matematika siswa berada pada kategori efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Palopo, (5) prototype akhir dari pengembangan ini berupa video animasi pembelajaran dengan pokok bahasan barisan dan deret aritmetika kelas X. Adapun produk yang dikembangkan memuat pembuka, tujuan pembelajaran, materi inti, contoh soal, latihan soal, penutup dan profil pengembang. Implikasi dari video animasi pembelajaran berbantuan Powtoon adalah: (1) memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, (2) memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri, (3) meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa, (4) alternatif bahan ajar guru.
Kata kunci: Barisan dan deret aritmetika, Hasil Belajar Matematika Siswa, Motivasi Belajar Matematika Siswa, Powtoon, Video Animasi Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:42 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10914 |