Nurhidayah, - (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN PAPAN CATUR PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN LUWU TIMUR. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurhidayah] Text (Skripsi Nurhidayah)
NURHIDAYAH PMTK.pdf

Download (19MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan papan catur pada materi barisan dan deret aritmatika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Luwu Timur dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi media pembelajaran, praktikalitas media pembelajaran, efektivitas media pembelajaran, serta prototype akhir media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Luwu Timur.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan yaitu ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas VII MTsN Luwu Timur. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi media pembelajaran (materi dan media), angket praktikalitas (siswa) dan lembar angket motivasi sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli materi dan media berada pada kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitas oleh siswa berada pada kategori sangat praktis, (3) hasil uji efektivitas berada pada kategori cukup efektif (4) prototype akhir dari media pembelajaran ini adalah media dengan pokok bahasan barisan dan deret aritmatika digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Luwu Timur. Adapun media pembelajaran yang dikembangkan memuat sampul, intro, serta isi (yang terdiri dari, petunjuk, materi, contoh soal, dan latihan). Implikasi dari media pembelajaran adalah: (1) Menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar mandiri, (2) Menjadi salah satu media pembelajaran untuk mata pelajaran matematika, (3) meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Barisan dan Deret Aritmatika, Motivasi belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 511.3 Logika Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:13
Last Modified: 22 Jul 2025 03:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item
View Item