Pertiwi, Nurhikma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN KELAS 1 FASE A SD NEGERI 169 UDU KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurhikma] Text (Skripsi Nurhikma)
SKRIPSI NURHIKMA PERTIWI (PGMI 21).pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Video Animasi membaca dan menulis permulaan Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 169 Udu dengan tujuan penelitian untuk (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media video animasi materi membaca dan menulis permulaan kelas 1 fase A SD Negeri 169 Udu Kabupaten Luwu Utara. (2) Untuk merancang desain pengembangan media video animasi materi membaca dan menulis permulaan pada kelas 1 fase A SD Negeri 169 Udu Kabupaten Luwu Utara.(3) Untuk menguji kevalidan pengembangan media video animasi materi membaca dan menulis permulaan pada kelas 1 fase A SD Negeri 169 Udu Kabupaten Luwu Utara. (4) Untuk menguji kepraktisan pengembangan media video animasi materi membaca dan menulis permulaan pada kelas 1 fase A SD Negeri 169 Udu Kabupaten Luwu Utara.
Jenis Penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu yang dimulai pada Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan tahap Evaluasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 169 Udu di Desa Tandung Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik yaitu, banyaknya siswa yang belum mampu membaca dan menulis 2) Spesifikasi produk yang dikembangkan yaitu Media Video Animasi membaca dan menulis 3) Berdasarkan hasil validasi dari tiga ahli yaitu ahli media, materi dan bahasa persentase nilai total dari tiga ahli diperoleh 81,25 untuk ahli media, 85,71% untuk ahli materi dan 89,28% untuk ahli bahasa. 4) Berdasarkan hasil uji praktikalitas dengan melibatkan 23 orang peserta didik dan 1 tenaga pendidik sebagai responden untuk memberikan respon terhadap media video animasi membaca dan menulis yang dikembangkan oleh peneliti dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 83,91% dengan kategori sangat praktis dari peserta didik dan nilai akhir yang diperoleh dari tenaga pendidik sebesar 92,85% dengan kategori sangat praktis.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Animasi, Peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 070.18 Film Dokumenter, Film Pendidikan
000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 070.18 Film Dokumenter, Film Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:25
Last Modified: 22 Jul 2025 03:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item
View Item