Surahman, Khairunnisa (2025) TEACHERPRENEURSHIP, COLLEGIAL LEADERSHIP, DAN COLLABORATIVE SKILLS: STUDI PADA GURU KONTEN KREATOR DI INDONESIA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi KHAIRUNNISA SURAHMAN]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KHAIRUNNISA (MPI 20).pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Teacherpreneurship, Collegial Leadership, dan Collaborative Skills: Studi Pada Guru Konten Kreator di Indonesia.Teacherpreneurship, collegial leadership, dan collaborative skills meningkatkan mutu pendidikan dengan menciptakan pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan
relevan dengan teknologi serta kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui gambaran teacherpreneurship guru konten kreator di Indonesia, untuk mengetahui gambaran collegial leadership guru konten kreator di Indonesia, dan untuk mengetahui gambaran collaborative skills guru konten kreator di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Jumlah populasi pada penelitian yaitu anggota komunitas guru konten kreator yang berjumlah 69 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel yaitu 69
guru konten kreator. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel teacherpreneurship dalam penelitian ini mencakup technical skill, conceptual skill, dan human skill. Variabel collegial leadership terdapat empat indikator yaitu devolution of power, empowerment, shared decision making, dan shared leadership. Sementara itu, variabel collaborative skills terdapat empat item, yaitu bekerja secara produktif, tanggung jawab, saling menghargai, komitmen dalam mencapai tujuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan bantuan
Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Teacherpreneurship yang dimiliki oleh guru konten kreator berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 63,77%. 2) Collegial leadership yang dimiliki oleh guru konten kreator berada pada kategori sedang dengan persentase 59,42%. 3) Collaborative skills yang dimiliki oleh guru konten kreator berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 53,62%. Kata Kunci: Teacherpreneurship, Collegial Leadership, Collaborative Skills,
Konten Kreator
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10929 |