HADIJA, HADIJA (2025) PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)MATERI HORMAT DAN PATUH PADA ORANG TUA DAN GURU DI KELAS VIII SMPN 17 KOLAKA UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi HADIJA] Text (Skripsi HADIJA)
SKRIPSI HADIJA (PAI 19).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan LKPD Digital Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Hormat Dan Patuh Pada Orang Tua Dan Guru di Kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara. Adapun tujuan penelitian: (1)Untuk mengetahui pengembangan media LKPD digital berbasis
pendekatan contextual teaching and learning (CTL) materi hormat dan patuh pada orang tua dan guru di kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara (2) Untuk mengetahui validitas media LKPD digital berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) materi hormat dan patuh pada orang tua dan guru di kelas VIII SMPN 17
Kolaka Utara (3) Untuk mengetahui kepraktisan media LKPD digital berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) materi hormat dan patuh pada orang tua dan guru di kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain, development,
implementasi dan tahap evaluasi. Lokasi dan waktu penelitian yaitu di SMPN 17 Kolaka Utara. Subjek penelitian yaitu: seluruh peserta didik agama islam kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara yang berjumlah 18 Orang. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara. Angket dan dokumentasi. Teknik analisis data (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Pada data hasil uji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media, dan validator ahli materi. Berdasarkan pada data hasil uji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media diperoleh persentase sebesar 78,9% kategori valid, dan pada hasil validasi
ahli materi diperoleh 90,6% kategori sangat valid. Sedangkan berdasarkan data hasil uji praktikalitas guru kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara memperoleh rata-rata persentase sebesar 93,7% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji
praktikalitas terhadap 18 siswa kelas VIII SMPN 17 Kolaka utara media LKPD digital yang dikembangkan memperoleh rata-rata persentase sebesar 71,6% kategori sangat praktis. LKPD digital dalam pembelajaran agama islam pada materi Hormat dan Patuh Pada Orang Tua dan Guru di kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara
dinyatakan valid serta layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:08
Last Modified: 23 Jul 2025 06:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item
View Item