sari, Amita (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL BAGI PESERTA DIDIK DI SMAN 9 LUWU KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi AMITA SARI]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AMITA SARI(PAI 18).pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengantisipasi Dampak Teknologi Digital Bagi Peserta Didik di SMA Negeri 9 Luwu. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dampak teknologi digital bagi peserta didik SMAN 9 Luwu; 2) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengantisipasi dampak teknologi digital bagi peserta didik
SMAN 9 Luwu; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengantisipasi dampak teknologi digital bagi peserta didik SMAN 9 Luwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dampak teknologi digital bagi peserta didik SMAN 9 Luwu ada dua yaitu dampak negatif dan positif, yang menjadi dampak negatifnya yaitu peserta didik yang diam-diam menggunakan handphone (HP)
untuk main game atau bersosial media saat proses pembelajaran berlangsung dan tidak memperhatikan guru yang sedang meyampaikan materi pembelajaran. Sedangkan dampak positifnya yaitu dapat membantu peserta didik untuk mencari meteri pelajaran yang masih kurang didalam buku. 2) Upaya yang dilakukan guru
pendidikan agama Islam dalam mengantisipasi dampak teknologi digital bagi peserta didik SMAN 9 Luwu yaitu: mampu memberikan pemahaman seperti menunjukkan video atau foto akan bahaya dari HP, membina serta memberikan motivasi tentang dampak yang diakibatkan oleh penggunaan HP pada awal pembelajaran di dalam kelas, membuat perjanjian antara guru dan peserta didik
pada awal pembelajaran untuk tidak menggunakan HP saat pembelajaran. 3) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengantisipasi dampak teknologi digital bagi peserta didik SMAN 9 Luwu yaitu: Faktor pendukukungnya yaitu adanya kesadaran peserta didik akan bahaya yang ditimbulkan HP, serta adanya bantuan dari pihak sekolah seperti melakukan rapat dengan orang tua siswa
mengenai cara penanggulangan dapak teknologi digital. Sedangkan, faktor penghambat yaitu masih ada sebagian orang tua kurang sadar akan pentingnya melarang anaknya untuk membawah HP kesekolah, adanya pengaruh dari lingkungan luar, seperti teman sebaya.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Dampak Teknologi Digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:19 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10949 |