Rotang, Adam Suria (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 7 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of ADAM SURIA ROTANG] Text (ADAM SURIA ROTANG)
SKRIPSI ADAM SURIA ROTANG (PEND. MATEMATIKA 21).pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 7 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, praktikalitas media, efektivitas media pembelajaran matematika
terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Palopo, dan prototype akhir media pembelajaran interaktif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi produk (media dan
materi), angket praktikalitas peserta didik dan soal tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli media dan materi berada pada kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitas oleh peserta didik berada pada kategori sangat praktis, (3) hasil uji efektivitas berada pada kategori efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika
kelas VII SMP Negeri 7 Palopo, (4) prototype akhir dari pengembangan ini berupa media pembelajaran interaktif dengan pokok bahasan bangun datar kelas VII. Adapun produk yang dikembangkan memuat menu utama, kompetensi dasar,
indikator, materi inti, contoh soal, latihan soal, petunjuk dan profil pengembang. Implikasi dari media pembelajaran interaktif adalah: (1) memudahkan peserta didik untuk belajar mandiri, (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) menjadi daya tarik pada proses pembelajaran karena tampilan media menarik, (4)
alternatif bahan ajar pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:26
Last Modified: 23 Jul 2025 07:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item
View Item