Satryani, Nini (2025) ANALISIS PADA IKLAN DI YOUTUBE SOLUSI BCA “DON’T KNOW? KASIH NO!” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nini Satryani] Text (Skripsi Nini Satryani)
SKRIPSI NINI SATRYANI (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan di Youtube Solusi BCA “Don’t Know? Kasih No!” menggunakan pendekatan semiotika dengan fokus pada pemahaman tanda, makna denotatif dan konotatif yang terkandung dalam iklan
tersebut. Metode analisis yang digunakan mencakup studi konten dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil menunjukkan bahwa tanda pada iklan ini yaitu pada teks dialog, adegan, musik, serta frasa kalimat yang diciptakan, “Don’t Know? Kasih No!. Kemudian makna denotatif dari iklan ini
mencakup pemancing dan ikan yang diibaratkan sebagai pelaku dan korban phising. Sementara itu, makna konotatif pada iklan ini mencakup nilai-nilai yang lebih dalam, seperti memancing yang dimaksud dalam iklan tersebut adalah cara atau jebakan pelaku untuk mencuri data pribadi korban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Aug 2025 05:55
Last Modified: 15 Aug 2025 05:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item
View Item