Hilal, Nurul (2025) PENGARUH PROMOSI, LOKASI & KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAJANAN KULINER MARINA FOODCOURT KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurul Hilal] Text (Skripsi Nurul Hilal)
SKRIPSI NURUL HILAL (MBS 21).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian jajanan
kuliner di Marina Foodcourt Kota Palopo. Latar belakang penelitian ini didasarkan
pada semakin pesatnya perkembangan industri kuliner yang menuntut para pelaku
usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna menarik dan
mempertahankan konsumen. Marina Foodcourt sebagai salah satu pusat kuliner di
Kota Palopo menghadapi tantangan dalam hal promosi, pemilihan lokasi, dan
kualitas pelayanan yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh
parsial dan simultan dari variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil uji
validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial promosi, lokasi, dan
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa promosi, lokasi dan kualitas
pelayanan secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian di Marina Foodcourt Kota Palopo. Oleh karena itu,
temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha kuliner dalam
merancang strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan meningkatkan daya
saing usaha di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Kata kunci: Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 380.06 Organisasi dan Manajemen Perdagangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:13
Last Modified: 19 Aug 2025 03:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item
View Item