Al-Habshyi, Fatimah (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB PASMINAH DI KOTA PALOPO (STUDI PADA BUTIK JASCARFS). Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Fatimah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FATIMAH BINTI HAMID AL-HABSHYI (MBS 21).pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan ecommerce terhadap keputusan pembelian hijab pasminah di Kota Palopo (Studi
Pada Butik Jascarfs). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya penggunaan media digital dan platform e-commerce dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam aktivitas belanja fashion muslimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara terhadap
100 responden wanita pengguna hijab pasminah yang pernah melakukan pembelian secara online di butik Jascarfs Kota Palopo. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan e-commerce
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hijab pasminah
baik secara parsial maupun simultan. Digital marketing yang ditinjau melalui aspek
aksesibilitas, interaktivitas, kredibilitas, informativeness, dan irritation terbukti mampu membentuk persepsi positif konsumen terhadap produk. Sementara itu, ecommerce memengaruhi keputusan pembelian melalui kemudahan penggunaan,
kepercayaan, ketersediaan informasi, serta kecepatan dan keamanan transaksi. Temuan ini mendukung kerangka Theory of Reasoned Action yang menyatakan bahwa sikap dan norma subjektif dapat membentuk niat yang akhirnya mengarah pada tindakan, dalam hal ini adalah keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pelaku UMKM dan pelaku industri fashion muslimah untuk lebih fokus dalam mengelola strategi digital marketing dan optimalisasi e-commerce guna meningkatkan minat beli dan loyalitas konsumen.
Kata Kunci: Digital marketing, E-commerce, Keputusan Pembelian, Hijab
Pasminah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 380.06 Organisasi dan Manajemen Perdagangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:27 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11012 |