Zainab, Zainab (2025) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT, FEAR OF OTHER PEOPLE’S OPINION, DAN YOU ONLY LIVE ONCE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING DENGAN MODERASI SELF CONTROL PADA MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Zainab]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REVISI UT ENAB (Autosaved) ASLI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh FOMO, FOPO, dan YOLO terhadap perilaku Impulsive Buying dengan dimoderasi oleh Self Control pada mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 215 responden yang diperoleh melalui metode Probability Sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa FEBI IAIN Palopo.
Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel FOMO (X1) berpengaruh positif terhadap Impulsive Buying dengan koefisien jalur sebesar 0.303
dan nilai t-statistik 3.310 (> 1.971). FOPO (X2) juga menunjukkan pengaruh positif secara parsial dengan koefisien jalur sebesar 0.223 dan t-statistik 2.550 (> 1.971).
YOLO (X3) memiliki pengaruh positif dengan koefisien jalur 0.319 dan t-statistik
3.656 (> 1.971). Namun, Self Control (W) tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap Impulsive Buying dengan t-statistik 0.729 (< 1.971). Analisis moderasi
menunjukkan bahwa FOMO yang dimoderasi oleh Self Control berpengaruh positif
terhadap Impulsive Buying (t-statistik 1.977 > 1.971), sedangkan FOPO dan YOLO
yang dimoderasi oleh Self Control tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.
Secara simultan, variabel FOMO, FOPO, YOLO, dan Self Control mampu
menjelaskan 61,7% variasi dalam perilaku Impulsive Buying pada mahasiswa FEBI
IAIN Palopo, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai R² sebesar 0,617. Artinya, terdapat pengaruh yang cukup kuat dari ketiga faktor psikologis tersebut dalam
meningkatkan kecenderungan membeli secara impulsif, meskipun masih terdapat 38,3% pengaruh dari variabel lain di luar model penelitian ini. Temuan ini
menegaskan pentingnya pemahaman terhadap aspek psikologis dan pengendalian diri dalam konteks perilaku konsumsi generasi muda, khususnya di lingkungan akademik.
Kata Kunci : FOMO, FOPO, Impulsive Buying, Self Control dan YOLO
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 651.3 Manajemen Kantor, Manajemen Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:38 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:38 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11013 |