Hidayah, Nurul (2025) PENGARUH PARASOCIAL RELATIONSHIP DAN FEAR OF MISSING OUT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK YANG DIMEDIASI OLEH EMOTIONAL APPEAL. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurul Hidayah] Text (Skripsi Nurul Hidayah)
NUNUUU AJA revisi ut.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parasocial
relationship, dan Fear of missing out (FoMO) terhadap keputusan pembelian di
tiktok yang di mediasi oleh emotional appeal. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 94 responden didapat
dengan menggunakan rumus slovin dengan metode Non Probability Sampling.
Teknik Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan
kepada Mahasiswa FEBI UIN Palopo dengan kriteria yang telah ditentukan.
Selanjutnya data dianalisis menggunakan metode Structural Equation ModelingPartial
Least
Square
(SEM-PLS),
dengan
bantuan
aplikasi
Smartpls
versi
4.

Hasil

penelitian menunjukkan bahwa, variabel parasocial relationship
(X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di tiktok
dengan koefisien jalur sebesar 0.221 dan nilai tstatistik 1.689 (< 1.986 ). Fear of
missing out (X2) juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian di tiktok dengan koefisien jalurnya -0.110 dan nilai tstatistik 0.580 (<
1.986). Namun emotional appeal (Z) berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian di tiktok dengan koefisien jalur sebesar 0.490, nilai tstatistik
2.608 (> 1.986).
Dalam hal mediasi, hanya FoMO yang terbukti berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian melalui Emotional Appeal (nilai tstatistik 2.482 > nilai
ttabel 1.986), sedangkan Parasocial Relationship tidak menunjukkan pengaruh
signifikan dalam jalur mediasi ini (nilai tstatistik 1.435 < nilai ttabel 1.986). Nilai RSquare

sebesar 0.321 menunjukkan bahwa kontribusi gabungan Parasocial
Relationship dan FoMO terhadap keputusan pembelian hanya sebesar 32,1%, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain. Adapun kontribusi terhadap Emotional
Appeal adalah sebesar 39,6%, mengindikasikan bahwa faktor-faktor lain di luar penelitian juga memegang peranan penting.

Kata Kunci: Parasocial Relationship, FoMO, Emotional Appeal, Keputusan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 380.06 Organisasi dan Manajemen Perdagangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:33
Last Modified: 19 Aug 2025 06:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item
View Item