Idris, Ikhsana (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN MEDIA SOSIAL MELALUI PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI PALESTINA-ISRAEL TERHADAP PEMBELIAN PRODUK TERAFILIASI ISRAEL. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Ikhsana Idris]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IKHSANA IDRIS (MBS 21).pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Religiusitas dan Media Sosial Melalui
Persepsi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Terafiliasi Israel. Tujuan dari
penelitian ini: Untuk menganalisis Pengaruh Religiusitas dan Media Sosial Melalui
Persepsi Masyarakat Mengenai Palestina-Israel Terhadap Pembelian Produk
Terafiliasi Israel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja di Kota Palopo
dengan minimal usia 17 tahun yang sudah mempunyai penghasilan sendiri dan Ibu
rumah tangga. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling
dan penentuan jumlah sampel dengan rumus Lemeshow. Sampel yang digunakan
sebanyak 100 responden, dan data diperoleh melalui kuesioner. Selanjutnya data
dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least
Square (SEM-PLS), dengan bantuan aplikasi Smartpls versi 4. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa religiusitas dan media sosial tidak mempunyai pengaruh
secara langsung terhadap keputusan pembelian. Namun, keduanya mempunyai
dampak yang signifikan terhadap persepsi konflik. Persepsi masyarakat terbukti
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, persepsi
masyarakat juga terbukti mampu memediasi pengaruh religiusitas dan media sosial
terhadap keputusan pembelian produk yang terafiliasi dengan Israel. Temuan ini
mengindikasikan bahwa pembentukan persepsi masyarakat melalui nilai-nilai
religius dan paparan media sosial dapat memengaruhi sikap konsumen dalam
merespons isu-isu global, khususnya dalam konteks sosial-politik internasional
yang berkaitan dengan konflik Palestina-Israel.
Kata Kunci: Religiusitas, Media Sosial, Persepsi Masyarakat, Keputusan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.0688 Manajemen Komputer 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.0688 Manajemen Komputer |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 06:57 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 06:57 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11021 |