Nuryulianti, Nuryulianti (2025) PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nuryulianti] Text (Skripsi Nuryulianti)
Nuryulianti (Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Keamanan Transaksi Terhadap Kepercayaan Konsumen E-Commerce Shopee pada Maha~1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Keamanan Transaksi terhadap Kepercayaan Konsumen E-Commerce Shope pada Mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk menguji pengaruh etika bisnis Islam terhadap kepercayaan konsumen e-commerce Shopee pada mahasiswa FEBI IAIN
Palopo; Untuk menguji pengaruh keamanan transaksi terhadap kepercayaan konsumen e-commerce Shopee pada mahasiswa FEBI IAIN Palopo; Untuk menguji pengaruh etika bisnis Islam dan keamanan transaksi terhadap kepercayaan konsumen e-commerce Shopee pada mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Jenis
penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 2.575 mahasiswa FEBI IAIN Palopo Angkatan 2021-2024 yang menggunakan aplikasi Shopee dan sampel sebesar 96 responden yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari variabel etika bisnis Islam dan keamanan transaksi terhadap kepercayaan konsumen e-commerce Shopee pada mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Hal ini dibuktikan bahwa semakin tinggi penerapan prinsip etika bisnis Islam seperti jujur/benar (siddiq), amanah, keadilan, dan kebebasan memilih, maka semakin tinggi pula tingkat kepercayaan
konsumen. Konsumen merasa lebih yakin dan nyaman dalam bertransaksi karena adanya nilai-nilai moral dan tanggung jawab dari penjual. Begitu pula dengan keamanan transaksi, semakin tinggi tingkat keamanan sistem seperti perlindungan data pribadi, jaminan pengiriman, dan metode pembayaran yang aman, maka
semakin besar rasa aman dan kepercayaan konsumen terhadap Shopee.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Keamanan transaksi, kepercayaan konsumen, E-commere,Shopee

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:34
Last Modified: 19 Aug 2025 07:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11025

Actions (login required)

View Item
View Item