Bakri, Arsalam Maulana (2025) P E N GA R U H H E D O N IC S HO P P IN G V A L U E DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PELANGGAN SHOPEE PADA MAHASISWA FEBI. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Maulana Bakri]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ARSAN MAULANA BAKRI (MBS 20).pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak nilai belanja hedonik terhadap pembelian impulsif di kalangan pengguna Shopee Mahasasiwa FEBI IAIN Palopo, dampak gaya hidup belanja terhadap pembelian impulsif di
kalangan pengguna Shopee Mahasasiwa FEBI IAIN Palopo, dan dampak nilai belanja hedonik dan gaya hidup belanja terhadap pembelian impulsif di kalangan pengguna Shopee Mahasasiwa FEBI IAIN Palopo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan sejak 13 September hingga 13 Oktober 2024, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Palopo. Ukuran sampel kurang lebih 100 sampel yang dikumpulkan menggunakan rumus Slovin dan purposive sampling dengan teknik non-probabilitas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dikirimkan
secara online kepada responden, dan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Value dan Gaya Hidup Belanja memiliki dampak positif dan signifikan terhadap niat pembelian
pelanggan Shopee, dengan peningkatan 80,8% di kalangan FEBI Mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis data menggunakan uji Hipotesis, khususnya
uji t, yang menunjukkan bahwa variabel X1 thitung (3.424) > (1.660) dan X2(5.107) > (1.660) memiliki signifikansi 0,0000 < 0,05, menunjukkan bahwa H3 hadir. Selain itu, uji determinasi (R2) ditentukan oleh R Square sebesar 0,808 atau
80,8%, yang menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle memiliki dampak positif dan signifikan terhadap niat beli sebesar 80,8%.
Kata Kunci: Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Impulse Buying.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 300.6 Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:03 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11026 |