Faiza, Nurul (2025) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYASAING UMKM KULINER (STUDI KASUS PELATARAN KOTA BELOPA). Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurul Faiza] Text (Skripsi Nurul Faiza)
SKRIPSI_NURUL FAIZA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kuliner (Studi Kasus Pelataran Kota Belopa). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana Strategi Pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku usaha dengan menggunakan Bauran Pemasaran 4P, dan bagaimana Strategi Pemasaran tersebut dengan menggunakan Bauran Pemasaran 4P untuk meningkatkan daya saing.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM Kuliner di Pelataran Kota Belopa. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu melalui koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun informan pada penelitian ini meliputi pelaku usaha dan konsumen masing-masing lima orang.

Hasil penelitian ini mengungkapkan, strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM kuliner di pelataran kota belopa dengan menggunakan komponen bauran pemasaran 4P, para pelaku usaha mengungkapkan bahwa pemilihan produk yang beragam dan berkualitas, penetapan harga yang kompetitif, promosi
yang efektif, serta pemanfaatan lokasi yang strategis,merupakan langkah-langkah yang diterapkan oleh pelaku usaha UMKM kuliner di pelataran kota belopa. Dalam konteks persaingan pasar yang semakin ketat, para pelaku usaha memanfaatkan produk yang berkualitas tinggi, harga yang kompetitif, promosi
dari mulut ke mulut dengan memberikan sampel gratis untuk dijadikan testimoni dan melalui sosial media agar produk yang ditawarkan mudah dijangkau oleh pelanggan, dan tidak kalah pentingnya memiliki lokasi yang strategis. Dengan mengoptimalkan komponen bauran pemasaran 4P, UMKM kuliner di pelataran kota belopa mampu menarik lebih banyak pelanggan, untuk memperkuat keberlanjutan usaha dan bisa bersaing secara efektif tanpa merugikan pelaku usaha pada area yang sama.

Kata Kunci :Daya Saing, Strategi Pemasaran, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 174.4 Etika Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:27
Last Modified: 21 Aug 2025 03:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11045

Actions (login required)

View Item
View Item