Fatima, Sitti (2025) EFEKTIFITAS PERAN FOOD INFLUENCER DI KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Sitti Fatima]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SITTI FATIMA (EKIS 21).pdf
Download (4MB)
Abstract
Media sosial mengubah cara konsumen berbelanja, termasuk di Kota Palopo, di mana food influencer berperan besar dalam promosi kuliner. Meski berpengaruh, dampaknya terhadap minat beli masih jarang diteliti. Kolaborasi dengan UMKM dinilai efektif untuk menjangkau pasar, membangun kepercayaan,
dan memperkuat hubungan dengan konsumen melalui konten yang menarik dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali efektifitas peran food influencer dan pengaruh media sosial terhadap minat beli konsumen di Kota Palopo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap konten yang dibagikan oleh food influencer di berbagai platform media sosial. Informan yang terlibat dalam penelitian ini meliputi pelaku UMKM dan konsumen yang aktif mengikuti food influencer di media sosial. Peneliti juga melakukan observasi terhadap interaksi yang terjadi di media sosial, seperti komentar, like, dan berbagi (share), yang dapat menunjukkan pengaruh langsung terhadap minat beli konsumen. Hasil penelitian menyatakan bahwa promosi Influencer pada minat beli konsumen di kota Palopo memang sangat efektif untuk Meningkatkan Visibilitas
dan Kesadaran Merek: Influencer membantu memperkenalkan usaha kuliner kepada audiens yang lebih luas. Dengan postingan mereka, usaha kuliner di Palopo bisa dikenal oleh banyak orang yang sebelumnya belum tahu tentang tempat tersebut, sehingga meningkatkan kesadaran merek. Meningkatkan
Kepercayaan Konsumen: Rekomendasi dari influencer lokal yang dipercaya oleh pengikutnya dapat membangun rasa percaya konsumen. Pengikut cenderung lebih percaya pada rekomendasi influencer yang mereka ikuti, terutama dalam hal mencoba makanan atau tempat makan baru. Meningkatkan Minat dan Penasaran: Influencer yang memposting foto atau video kuliner yang menggugah selera bisa menciptakan rasa penasaran bagi pengikutnya.
Kata Kunci: Efektifitas, Food Influencer, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11052 |