Yani, Handri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBANTUAN MUSIK MATERI MENGENAL ALFABET DAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS I FASE A MI AL-MUHAJIRIEN KECAMATAN MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Handri Yani]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HANDRI YANI(PGMI 21).pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran dari media pembelajaran flashcard berbantuan musik dalam meningkatkan kemampuan anak
mengenal alfabet dan kosakata, sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan menyenagkan bagi peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian R&D (research and development) dengan model 4D atau Four-D yang merupakan singkatan dari Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan
Desseminate (Penyebaran). Penelitian dilaksanakan di MI Al-Muhajirien Mangkutana dengan subjek penelitian guru dan 25 peserta didik di kelas I. Objek yang diteliti adalah media pembelajaran Flashcard berbantuan musik pada materi
mengenal alfabet dan kosakata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, lembar validitas, non tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi analisis data validitas dan analisis data validasi ahli
serta hasil uji responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis kebutuhan diperlukan media pembelajaran berbentuk visual dan audio seperti media flashcard berbantuan musik materi mengenal alfabet dan kosakata dalam
meningkatkan kemampuan anak mengenal alfabet dan kosakata. Media pembelajaran yang dikembangkan telah melalui tahap validasi ahli bahasa dengan kategori sangat valid, ahli materi dengan kategori valid, dan ahli media dengan
kategori valid. Untuk hasil praktikalitas pada guru mendapat skor 87,5% dengan kategori sangat praktis, dan hasilkepraktisan peserta didik diperoleh nilai sebesar 93,5% dengan kategori sangat praktis sehingga sangat layak digunakan pada
pembelajaran. Hasil uji efektivitas berdasarkan hasil non tes pre-test sebesar (64,48%) dan uji non tes post-test sebesar (89,76%) dengan kategori sangat efektif, penyebaran media dilakukan dilakukan secara online di platfrom Youtube dan offline di MI Al-Muhajirien Mangkutana. Dengan demikian pengembangan
media pembelajaran flashcard berbantuan musik ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi mengenal alfabet dan kosakata serta mendukung pembelajaran yang lebih menarik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flashcard, Alfabet dan kosakata, Musik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 03:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11062 |