Sari, Reski Amaliya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TV BOX BERBASIS STRATEGI PARODI LAGU METERI BENTUK ENERGI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SDN 18 BABANA CIMPU KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Reski Amaliya Sari] Text (Skripsi Reski Amaliya Sari)
SKRIPSI RESKI AMALIYA SARI (PGMI 21).pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran TV Box berbasis strategi parodi lagu pada materi bentuk energi untuk melatih keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN 18 Babana Cimpu, Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan siswa dan guru
terhadap media pembelajaran TV Box berbasis strategi parodi lagu (2) merancang dan mengembangkan media TV Box berbasis parodi lagu; (3) menguji tingkat kevalidan media dari segi materi, media, dan bahasa; (4) menilai tingkat kepraktisan media berdasarkan respon guru dan siswa; serta (5) mengukur
efektivitas media dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, design ,
development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilaksanakan di SDN 18 Babana Cimpu dengan subjek sebanyak 26 siswa kelas IV dan satu orang guru wali kelas. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran TV Box berbasis strategi parodi lagu pada materi bentuk energi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif, mengalami kesulitan memahami materi, dan lebih tertarik belajar melalui lagu. Hasil validasi media
menunjukkan skor dari ahli media sebesar 81,81%, ahli materi 81,25%, dan ahli bahasa 86,11% seluruhnya termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil angket kepraktisan menunjukkan kriteria sangat praktis oleh guru dengan skor 84,37%
dan oleh siswa dengan skor 95%. Uji efektivitas siswa memperoleh nilai N gain setiap indikator berada di rentang 0,45-0,74, dengan kategori sedang hingga tinggi yang Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran TV Box berbasis strategi parodi lagu terbukti efektif meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi bentuk energi.

Kata Kunci: Pengembangan media, TV Box, parodi lagu, bentuk energi, keterampilan komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 700 Kesenian dan rekreasi > 781.54 Musik untuk Media Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:02
Last Modified: 22 Aug 2025 06:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item
View Item