Rahmadani, Putri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARD (KARTU PERTANYAAN) PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH BAGIAN PUTRA DATOK SULAIMAN PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Putri Ramadani]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PUTRI RAMADANI(PGMI 20).pdf
Download (9MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran question card (kartu pertanyaan) pada materi kenampakan alam Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bagian Putra Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tahap pengembangan media pembelajaran kartu pertanyaan dan untuk mengetahui validasi, praktikalitas dan efektivitas pengembangan media pembelajaran kartu pertanyaan untuk materi IPAS Kenampakan Alam kelas V MI bagian Putra Datok Sulaiman palopo.
Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan atau metode
Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah
adalah siswa kelas V MI bagian Putra Datok Sulaiman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Wawancara, 2) Dokumentasi, 3) Angket, 4) Tes.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan dan tahap pengembangan di kelas V MI Datok Sulaiman, ditemukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut terdapat kebutuhan untuk
menghadirkan inovasi baru dalam media pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi yang diperlukan adalah media kartu pertanyaan (question card). Validasi media
pembelajaran dikembangkan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 77% dengan kategori valid. Ahli materi memberikan nilai persentase 70%, ahli bahasa memberikan nilai persentase
85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang diuji cobakan kepada siswa sebanyak 20 orang menunjukkan nilai 84% dan dari guru kelas V dengan nilai akhir dari hasil uji kepraktisan mencapai 92% dengan kategori sangat praktis.
Hasil uji keefektifan mengenai media kartu pertanyaan (question card) diperoleh rata-rata skor pretest siswa adalah 71,25%, sedangkan rata-rata posttest siswa adalah 90% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Pertanyaan, Kenampakan Alam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:24 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 06:24 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11065 |