Riska, Riska (2025) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 37 BALABATU KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Riska]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RISKA (PGMI 20).pdf
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peningkatan motivasi belajar IPAS melalui model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas IV SDN 37 Balabatu Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian mengetahui aktivitas pembelajaran
menggunakan Discovery learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning kelas IV di SDN 37 Balabatu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berfokus
pada kegiatan awal observasi, siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, angket, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis kualitati dan kuantatif.
Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model discovery learning pada siswa Kelas IV di SDN 37 Balabatu Kabupaten Luwu mengalami peningkatan signifikan dari siklus I dengan rata-rata 42,5% (sangat rendah), pada siklus II menjadi 70%.
Penelitian ini untuk meningkatnya motivasi belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada siswa Kelas IV di SDN 37 Balabatu Kabupaten Luwu terlihat jelas dari hasil angket siklus I dengan rata-rata 37% kategori sangat
rendah menjadi 78% kategori tinggi pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada peningkatan motivasi belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, IPAS, Model Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:32 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 06:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11066 |