Fadillah, Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS AKTIVITAS BELAJAR MANDIRI PADA MATERI BUMIKU DAN MUSIMNYA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VI SDN 632 SARONDA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurfadillah] Text (Skripsi Nurfadillah)
SKRIPSI NURFADILLAH (UT).pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media scrapbook berbasis aktivitas belajar mandiri pada materi bumiku dan musimnya untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas VI SDN 632 Saronda, mengetahui kevalidan pengembangan media scrapbook berbasis aktivitas belajar mandiri pada materi bumiku dan musimnya untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas VI SDN 632 Saronda, mengetahui praktikalitas pengembangan media scrapbook berbasis aktivitas belajar mandiri pada materi
bumiku dan musimnya untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas VI SDN 632 Saronda, dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan media scrapbook
berbasis aktivitas belajar mandiri pada materi bumiku dan musimnya untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas VI SDN 632 Saronda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yatu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi,dan tahap evaluasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 632 Saronda, subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 29 orang dan Wali kelas VI serta validator. Objek yang diteliti Media Scrapbook IPAS tentang materi bumiku dan musimnya. Teknik pengumpulan
data yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan kreatif.Kemudian media didesain sesuai dengan
kebutuhan lalu dikembangkan . Media scrapbook yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dengan hasil: validasi media memperoleh persentase 94% kategori sangat valid,
validasi bahasa memperoleh persentase 90% ketegori sangat valid, dan validasi materi memperoleh persentase 80% kategori valid. Setelanjutnya dilakukan tahap implementasi selanjutnya akan memberikan angket kepraktisan kepada siswa dengan
memperoleh persentase 81% kategori sangat praktis, kepada guru dengan meperoleh persentase 95% dengan kategori sangat praktis, serta berdasarkan hasil uji coba keefektifan yang telah dilakukan pada siswa kelas VI diperoleh nilai rata-rata pre-test
35,17 sedangkan rata-rata post-test 82,93. Hasil uji N-Gain memperoleh rata-rata 0,74 dengan kategori tinggi. Sehingga media scrapbook berbasis aktivitas belajar mandiri
pada materi bumiku dan musimnya ini evektif digunakan untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas VI.

Kata Kunci: Media Scrapbook Aktivitas Belajar Mandiri, Materi Bumiku dan Usimnya, Keterampilan Proses Sains, Siswa Kelas VI, SD Negeri 632 Sarond

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:40
Last Modified: 22 Aug 2025 06:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item
View Item