Irawati, Irawati (2025) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENCEGAH PERILAKU BOLOS SEKOLAH SISWA KELAS VII DI SMPN 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Irawati] Text (Skripsi Irawati)
SKRIPSI IRAWATI (BKI 20).pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektifitas Bimbingan Kelompok untuk Mencegah Perilaku Bolos Sekolah Siswa Kelas VII di SMPN 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku bolos sekolah siswa. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment design dengan design penelitian pretest-posttest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah 201 siswa, sampel penelitian sebanyak 67 siswa yang dibagi menjadi 2
kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dipilih melalui rumus slovin. Pengolahan data pada skripsi ini menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis t. Berdasarkan hasil penelitian terdapat efektifitas bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku bolos sekolah siswa kelas VII di
SMPN 8 Palopo, dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen, diperoleh hasil nilai rata-rata pretest sebesar 81% setelah diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok diperoleh hasil nilai rata-rata posttest
sebesar 62% ini menunjukkan setelah diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok siswa yang melakukan perilaku bolos mengalami penurunan dilihat dari
hasil posttest, sedangkan hasil pretest dan posttest pada kelompok kontrol diperoleh hasil nilai rata-rata pretest sebesar 79,21% dan hasil nilai rata-rata posttest sebesar 79,84% ini menunjukkan bahwa tidak ada perubahan pada kelompok kontrrol. Sedangkan hasil uji statistik yaitu uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 10,928, untuk ttabel di Microsoft axel dengan rumus=tinv (5%,32) diperoleh hasil sebesar 2,036. Dengan ini disimpulkan bahwa thitung>ttabel (10,929 > 2,036) dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya bimbingan kelompok efektif untuk mencegah perilaku bolos sekolah siswa kelas VII di SMPN 8 Palopo.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Perilaku Bolos, Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:45
Last Modified: 25 Aug 2025 02:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item
View Item