Afika, Nur (2025) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN TIKTOK DAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nur Afika] Text (Skripsi Nur Afika)
SKRIPSI NUR AFIKA (BKI 20).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan antara penggunaan TikTok dan religiusitas peserta didik di SMP Negeri 4 Palopo. Penggunaan TikTok secara berlebihan memberikan dampak pada religiusitas peserta didik yang saat ini dalam usia masih rentan terhadap pengaruh eksternal. Tujuan penelitian ini melihat ada
tidaknya hubungan antara penggunaan TikTok dan religiusitas peserta didik, dan apabila terdapat hubungan diantara keduanya, maka akan dilanjutkan dengan melihat pula arah hubungan antara penggunaan TikTok dan religiusitas pada peserta didik di SMP Negeri 4 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah kuantitatif korelasi. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 4 Palopo, beralamatkan jalan Andi
Kambo, Malatuntung, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo. Penelitian berangsung selama 15 hari. Populasi penelitian adalah jumlah seluruh peserta didik kelas VIII dengan total 225. Pengambilan sampel menggunakan random simpling dan menghasilkan sebanyak 32 peserta didik, yang mewakili 14% dari
populasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini, mengadopsi beberapa item pada angket penelitian terdahulu yaitu Endah Rahmawati berjudul “Hubungan Antara Intensitas Penggunaan TikTok dengan Religiusitas Siswa MAN 02 Kota Bengkulu”, kemudian peneliti melakukan modifkasi pada itemitem tersebut, lalu melakukan uji reliabilitas dan uji validitas ulang. Tehnik pengumpulan data adalah melakukan observasi diawal, penyebaran angket, kemudian didukung dengan dokumentasi. Tehnik analisis data yang mendasar
adalah uji normalitas, uji regresi linier sederhana dalam melihat pengaruh, dan uji korelasi pearson untuk membuktikan salah satu hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; koefisien regresi linier sederhana bernilai negatif (-1.489) semakin tinggi penggunaan TikTok, semakin rendah religiusitas. Nilai beta mendukung (-0.991) menunjukkan pengaruh yang sangat
kuat kearah negatif. Berdasarkan hasil analisi, bahwa hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan bahwa adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara penggunaan TikTok dan religiusitas peserta didik tidak dapat ditolak.

Kata kunci : Hubungan, TikTok, Religiusitas, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:50
Last Modified: 25 Aug 2025 02:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item
View Item