Ratu, Sagu EVALUASI PROGRAM CIS PASSWORD DAN DAILY ENGLISH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SD CELEBES ISLAMIC SCHOOL (CIS) LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Thesis Sugiratu]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis sugiratu MPI A.pdf
Download (7MB)
Abstract
esis ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dua program pelatihan Bahasa Inggris, yaitu CIS Password dan Daily English, dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV di SD Celebes Islamic School (CIS), Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Kedua program dirancang untuk memperluas
penguasaan kosakata serta meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara, mendengarkan, dan membaca dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan
mixed-method sequential exploratory. Pengumpulan data dimulai dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara terhadap kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator bahasa, wali kelas, dan orang tua siswa. Data kualitatif dianalisis menggunakan perangkat lunak NVivo 14 dan digunakan sebagai dasar
dalam penyusunan instrumen kuantitatif berupa angket yang disebarkan kepada orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks, kedua program telah selaras dengan kebutuhan peserta didik dan mendukung visi sekolah yang berwawasan global. Pada aspek input, media pembelajaran dan
kesiapan guru memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan program, meskipun ditemukan ketidakkonsistenan dalam penggunaan Bahasa Inggris oleh sebagian pendidik. Pada aspek proses, strategi seperti ―No English, No Service‖
dan keterlibatan aktif orang tua berhasil memperkuat praktik pe Inggris dalam kehidupan sehari-hari siswa. Sedangkan pada aspek produk, kedua program terbukti memberikan kontribusi positif terhadap penguatan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan membaca siswa. Namun demikian, keterampilan menulis belum menjadi fokus utama dalam program dan belum difasilitasi secara optimal. Penelitian ini menyarankan perlunya penguatan integrasi keterampilan menulis dalam desain program, serta peningkatan konsistensi penggunaan Bahasa Inggris oleh pendidik untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih maksimal.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Pelatihan Bahasa Inggris, Keterampilan
Komunikasi, Model CIPP, Mixed-Method, Sekolah Dasar
Diverifikasi oleh UP
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.0688 Manajemen Komputer 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.0688 Manajemen Komputer |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11085 |