Hamsul, Hamsul and Thalhah, Sitti Zuhaerah (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN TRI ZONE MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi  Hamsul] Text (Skripsi Hamsul)
SKRIPSI HAMSUL (PENDIDIKAN MATEMATIKA).pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Permainan Tri Zone Mathematics untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran berbantuan Permainan Tri Zone Mathematics untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, minat belajar matematika siswa yang diajar dan tidak diajar menggunakan model pembelajaran Permainan Tri Zone Mathematics untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa serta efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga dalam meningkatkan belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan tipe pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari dari 8
kelas dengan jumlah 228 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel 58 orang siswa. Data diperoleh melalui observasi dan angket, kemudian
dianalisis menggunakan uji independent t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga dilihat dari aktivitas siswa dan guru sudah sangat baik. Minat belajar matematika siswa yang diajar menggunakan permainan Tri Zone Mathematics adalah tinggi, sedangkan
yang tidak diajar menggunakan permainan Tri Zone Mathematics adalah sedang. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan permainan Tri Zone Mathematics efektif dalam meningkatkan minat
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Dengan demikian model pembelajaran menggunakan permainan Tri Zone Mathematics dapat menjadi salah satu model yang diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar
matematika siswa.

Kata kunci: Media Ajar, Minat Belajar Matematika, Tri Zone Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 330.0151 Ekonomi Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:24
Last Modified: 25 Aug 2025 06:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item
View Item