Safitri, Nurlia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRESENTATION (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF- CONFIDENCE SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurlia Safitri] Text (Skripsi Nurlia Safitri)
SKRIPSI NURLIA SAFITRI.pdf

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran diskursus multy representation tehadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran DMR, kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang memperoleh pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran DMR, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tidak memperoleh pengajaran dengan model pembelajaran DMR, self-confidence siswa yang memperoleh pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran DMR dan self-confidence siswa yang tidak memperoleh pengajaran dengan model pembelajaran DMR. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan
model pembelajaran DMR dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy eksperiment dengan tipe pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 194 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel 55 orang siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes dan angket. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru terhadap keterlaksanaan model pembelajaran DMR berada pada kategori “sangat baik”.
Berdasarkan uji hipotesis model pembelajaran DMR efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa. Jadi model pembelajaran DMR dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang diterapkan
dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa.

Kata Kunci: Diskursus Multy Representation, Efektivitas, Kemampuan,Pemecahan Masalah Matemaik,Self-Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:52
Last Modified: 25 Aug 2025 06:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11092

Actions (login required)

View Item
View Item