Nor, Fazil (2025) PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING BERBANTUAN PLATFORM GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS V SDN 347 LAMASI PANTAI. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Fazil]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_FAZIL FIX UT1besok1.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SDN 347 Lamasi Pantai. Salah satu tantangan dalam proses pembelajaran adalah kurangnya
variasi metode yang digunakan, sehingga suasana belajar cenderung kurang menarik bagi peserta didik. Upaya peningkatan minat belajar peserta didik adalah penerapan metode Game Based Learning berbantuan platform Genially diharapkan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik sebagai solusi dan
inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Game Based Learning berbantuan platform Genially serta untuk mengetahui pengaruhnya terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN
347 Lamasi Pantai, Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan model tindakan Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, angket minat belajar, serta tes berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Game Based Learning berbantuan platform Genially mampu meningkatkan minat dan hasil belajar
peserta didik. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan rata-rata nilai pre-test ke post-test dan nilai N-Gain yang termasuk dalam kategori sedang hingga tinggi. Dengan demikian, metode ini efektif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta
didik.
Kata Kunci: Game Based Learning, Genially, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:52 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:52 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11097 |