Nabilah, Annisa Afiat (2025) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SALAT FARDU PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 5 SALAMAE PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Annisa Afiat]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ANNISA AFIAT NABILAH(PAI 21).pdf
Download (6MB)
Abstract
Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Muhaimin dan Alinurdin. Skripsi membahas penerapan metode drill untuk meningkatkan kedisiplinan salat fardu peserta didik kelas IV SDN 5 Salamae Palopo. Kondisi awal terlihat
minimnya kesadaran salat fardu peserta didik yang tercermin dari kurangnya keterampilan dalam menguasai bacaan dan gerakan salat serta minimnya presensi kehadiran peserta didik dalam melaksanakan salat zuhur di musala sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
efektivitas penerapan metode drill berbantuan Jurnal Salat dalam meningkatkan kedisiplinan salat fardu peserta didik kelas IV SDN 5 Salamae Palopo. Instrumen Jurnal Salat yang digunakan berbentuk brosur yang didesain dengan aneka kartun gerakan salat serta barcode berisi materi dan video animasi pembelajaran salat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
Penelitian Eksperimental Semu (Quasy Experiment) dengan model kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan melibatkan 46 dari 81 orang
peserta didik kelas IV dengan membandingkan progres yang nampak dari kelas eksperimen yang mendapatkan treatment dan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan apapun. Tes yang dilakukan berupa pre-test dan post-test,
presensi salat, dan tes keterampilan hafalan bacaan dan gerakan salat. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, tes, serta
menggunakan instrumen Jurnal Salat kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kedisiplinan salat fardu peserta didik kelas IV SDN 5 Salamae Palopo masih rendah dan belum terbentuk secara konsisten.
Penerapan metode drill berbantuan Jurnal Salat secara terstruktur dan kontinu terbukti efektif membentuk kedisiplinan serta meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pelaksanaan salat berjamaah. Hasil analisis data menunjukkan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:02 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:02 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11098 |