Asal, Nur Aisyah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FUN LEARNING TERINTEGRASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF(APE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE A PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 6 LASUSUA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Aisyah] Text (Skripsi Aisyah)
Skripsi Aisyah fix 3.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Fun Learning terintegrasi Alat Permainan Edukatif (APE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik fase A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 6 Lasusua. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Fun Learning yang terintegrasi dengan Alat Permainan Edukatif (APE). Model pembelajaran ini dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan kontekstual dengan melibatkan peserta didik secara langsung melalui permainan edukatif yang relevan dengan materi ajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari
dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 peserta didik fase A
(Kelas II) di SDN 6 Lasusua. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan baik dalam aspek aktivitas belajar maupun hasil belajar peserta didik. Pada kondisi pra siklus, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik hanya mencapai 59,3 hanya 5 dari 23 peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 71,5 dengan ketuntasan 60,8% (14 peserta didik tuntas). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan, namun belum mencapai indikator keberhasilan penelitian. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih signifikan, yaitu rata-rata nilai peserta didik mencapai 81,5 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 100% (23 peserta didik tuntas).

Kata Kunci: Fun Learning, Alat Permainan Edukatif (APE), Hasil Belajar,
Pendidikan Agama Islam, Fase A, Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika
000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:13
Last Modified: 26 Aug 2025 01:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item
View Item