Hasana, Citra Nurul (2025) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP NILAI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 7 LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Citra Nurul Hasanah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CITRA NURUL HASANAH(PAI 19).pdf
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai proyek penguatan profil pelajar pancasila pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk :1) untuk mengetahui upaya guru untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai proyek penguatan profil pelajar
Pancasila dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Luwu; 2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi oleh guru terhadap nilai proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Luwu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research)
dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai pendekatan dengan melalui upaya, seperti; mengintegrasikan nilai-nilai pancasila dalam materi Pendidikan Agama Islam, menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, seperti
diskusi kelompok dan proyek kolaboratif, memberikan contoh nyata dan mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan menilai yang berfokus pada pengembangan karakter dan sikap peserta didik. Meskipun demikian, upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman peserta
didik terhadap nilai-nilai pancasila dan membentuk karakter yang sesuai dengan harapan dapat memberikan wawasan dan pengembangan dalam praktik pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dalam konteks pendidikan di Indonesia. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran yang lebih baik di masa
depan, serta mendorong kolaborasi antara sekolah dan masyarakat dalam mendukung implementasi nilai-nilai pancasila.
Kata kunci: Upaya Guru, Pemahaman Peserta Didik, Nilai Pancasila,
Pendidikan Agama Islam, SMA Negeri 7 Luwu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 01:44 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11101 |