ASWIN, RISWANDI (2025) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi RISWANDI ASWIN] Other (Skripsi RISWANDI ASWIN)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui Kedisiplinan siswa dan Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN Kota Palopo Jenis penelitian yang digunakan adalah
Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kedisiplinan siswa MTsN Kota Palopo secara deskriptif
sudah cukup baik dan mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan oleh kepatuhan terhadap waktu belajar, kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas, ketepatan waktu kedatangan dan kepulangan, serta kesadaran dalam memanfaatkan fasilitas
pembelajaran; 2) Implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan melalui berbagai program dan pendekatan terpadu. Salah satunya adalah pelaksanaan program MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) yang rutin diadakan di awal tahun ajaran. Program ini menjadi langkah awal yang strategis dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan karakter Islami kepada siswa baru secara sistematis. Selain itu, madrasah secara konsisten menerapkan aturan dan tata tertib yang jelas, mudah dipahami, dan bersifat
mendidik. Sosialisasi aturan dilakukan secara menyeluruh agar siswa merasa memiliki tanggung jawab dalam menaatinya. Kompetensi guru dalam merancang pembelajaran yang relevan, interaktif dan bermakna juga berkontribusi besar dalam
mendorong keterlibatan aktif dan kepatuhan siswa terhadap aturan. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kedisiplinan siswa dengan pencapaian akademik mereka, di mana siswa yang disiplin menunjukkan prestasi belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:57
Last Modified: 26 Aug 2025 01:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11102

Actions (login required)

View Item
View Item