SAFITRI, ARYANI (2025) URGENSI DAN RELEVANSI EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN MELALUI KEGIATAN ENDIDIKAN DAN PRAKTIK LAPANGAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA DDI MASAMBA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi ARYANI SAFITRI]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Fokus utama penelitian ini adalah urgensi dan relevansi experiential learning terhadap capaian pembelajaran lulusan melalui kegiatan Pendidikan dan Praktik Lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menganalisis, dan endeskripsikan: (1) gambaran Pendidikan dan Praktik Lapangan di Madrasah
Aliyah Swasta DDI Masamba; (2) urgensi Pendidikan dan Praktik Lapangan terhadap siswa Madrasah Aliyah Swasta DDI Masamba; (3) relevansi Experiential Learning terhadap capaian pembelajaran lulusan siswa melalui kegiatan Pendidikan dan Praktik Lapangan di Madrasah Aliyah Swasta DDI Masamba. Jenis penelitian
yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum,
guru, dan siswa, serta pihak dari lembaga/instansi kerja. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) gambaran Pendidikan dan Praktik Lapangan di Madrasah Aliyah Swasta DDI Masamba diselenggarakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, monitoring dan evaluasi. Tahapan-tahapan telah dilaksanakan secara sistematis dan terstuktur. Namun, beberapa tahapan perlu dioptimalkan seperti tahap perencanaan
bagian pemetaan kompetensi yang tidak melakukan pemetaan terhadap kompetensi dasar mata pelajaran sebagai kegiatan Pendidikan dan Praktik Lapangan, pelaksanaan praktik yang singkat, dan tahap evaluasi yang belum dimaksimalkan; 2) urgensi Pendidikan dan Praktik Lapangan terhadap siswa Madrasah Aliyah
Swasta DDI Masamba berperan penting dalam internalisasi teori dan praktik, pengembangan keterampilan, dan pengembangan sikap, serta sebagai upaya dalam pelaksanaan trilogi DDI sebagai interpretasi trilogi DDI dalam konteks dakwah; 3) relevansi experiential learning terhadap capaian pembelajaran lulusan siswa melalui kegiatan Pendidikan dan Praktik Lapangan di Madrasah Aliyah Swasta DDI Masamba dinyatakan relevan berdasarkan analisis studi dokumentasi terhadap
kurikulum yang memuat visi misi, profil lulusan, standar kompetensi lulusan, dan struktur kurikulum Madrasah Aliyah Swasta DDI Masamba.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 02:43 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 02:43 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11107 |