Selfiani, Selfiani (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENILAIAN KINERJA GURU PENGGERAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MALILI. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi SELFIANI] Other (Skripsi SELFIANI)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Instruemen Supervisi Akademik Dalam Penilaian Kinerja Guru Penggerak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Malili. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan
instrumen supervisi akademik di SMPN 1 Malili; (2) Untuk mengetahui desain produk pengembangan instrumen supervisi akademik; (3) Untuk mengetahui efektivitas pengembangan instrumen supervisi akademik di SMPN 1 Malili. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Desain and Development).
Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru penggerak. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan validasi. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan rumus Aiken‟s.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan observasi yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Malili dalam melakukan supervisi akademik. Instrumen supervisi yang digunakan tidak sesuai dengan konteks guru penggerak.
Instrumen yang digunakan yakni instrumen untuk penilaian kinerja guru sehingga ketika digunakan dalam supervisi akademik penilaian kinerja guru penggerak tidak relevan.(2)Dalam merancang produk Peneliti membuat instrumen supervisi akademik yang terkait dengan penilaian guru penggerak. Selanjutnya merancang butir-butir pentanyaan instrumen yang akan digunakan dalam penilaian. Setelah selesai di buat
maka selanjutnya melakuakan uji validasi dengan cara memperkuat instrumen yang di buat. Hal ini di maksudkan untuk mendapatkan instrumen yang berkualitas agar dapat di terepkan dengan efektif. Ketika terjadi masih ada hal yang perlu di benahi
maka akan memperbaiki desain instrumen pertama. Melakukan uji coba produk, artinya instrumen yang telah di lakukan akan di uji coba yang akan diterapkan kepada guru penggerak di SMPN 1 Malili. (3)Berdasarkan hasil pengamatan, maka instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, karena aspek
kevalidasian ahli penerapan menunjukan rata-rata 0.96 dan ahli supervisi menujukan rata-rata 1.13 dimana jika diliat dari interpertasi valid isi maka instrumen yang dikembangakan berada pada kategori sangat valid. Karena semua aspek berada pada
kategori valid maka instrumen dapat digunakan kepala sekolah. Namun dengan berdasrkan catatan yang diberikan validator pada instrumen, perlu dilakukan perbaikan seperlunya dan sesuai catatan. Kata kunci: Pengambangan, Instrumen Supervisi Akademik Dalam Penilian Kinerja Guru Penggerak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:23
Last Modified: 26 Aug 2025 03:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item
View Item