Mykaila, Mykaila (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 5 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Mykaila]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MYKAILA (PAI 21).pdf
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google sites pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPN 5 Palopo.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui aktivitas peserta didik ketika model blended learning berbantuan google sites diterapkan; (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google sites dapat
meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis
Penelitan Tindak Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari planning, acting, observing dan reflecting. Objek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 5 Palopo yang berjumlah 18 peserta didik, yang terdiri dari 8 Laki
laki dan 10 perempuan. Data diperoleh melalui lembar observasi guru dan peserta didik, serta hasil belajar. Selanjutnya data hasil observasi diolah dengan menggunakan analisis data kualitatif dan test hasil belajar diolah dengan analisis
data kuantitafif. Hasil penelitian pada lembar observasi guru pada siklus I menunjukan ketuntasan rata rata mencapai sebesar 88%, pada siklus mencapai rata rata sebesar 100%. Lembar observasi peserta didik pada siklus I mencapai rata rata keterlaksanaan sebesar 72%, pada siklus II mencapai rata rata keterlaksanaan sebesar 82,77%. Sedangkan pada hasil belajar pretest mendapat
sangat kurang (100%), Kemudian pada siklus I posttest mendapat ketuntasan 88% dengan kriteria “sangat baik” (26%), “baik” (61,11%) dan “sangat kurang” (11,11%). Pada siklus II peserta didik mendapat nilai “sangat baik” (66,66%) dan
nilai” baik” (33%) dengan ketuntasan 100%.
Kata kunci : Blended Learnig, Google Sites, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:28 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 06:28 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11114 |