Nurhapisah, Nurhapisah (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP DATOK SULAIMAN BAGIAN PUTRI PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nurhapisah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURHAPISAH (PAI 18).pdf
Download (9MB)
Abstract
Skripsi membahas tentang pengembangan modul ajar berbaris kurikulum merdeka pada muatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas viii di SMP Datok Sulaiman Bagian Putri. Penelitian bertujuan mengetahui: (1) pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka muatan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo; (2) hasil uji validitas pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka pada muatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di
SMP Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII di SMP Datok Sulaiaman Bagian Putri Palopo dan
objeknya yaitu modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan angket respon peserta didik. Selanjutnya, data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Data diperoleh
melalui validasi produk kepada ahli media dan ahli materi, kemudian diujicobakan kepada 34 peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar
pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo berbasis kurikulum merdeka materi Inspirasi Al-Qur’an Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan, menggunakan model 4D (Devine,
Design, Develop, dan Disseminate), serta ahli media menilai modul ajar tersebut dengan persentase 93.75% masuk kategori sangat valid. Ahli materi menilai modul ajar tersebut dengan persentase 100% masuk kategori sangat valid. Hasil
validasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis kurikulum merdeka pada muatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo dinyatakan valid digunakan tanpa revisi sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:36 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 06:36 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11116 |