Yusuf, Muhammad (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Muh.Yusuf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan literasi siswa di SMA Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan literasi siswa di SMA Negeri 4 Palopo, untuk mendeskripsikan implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan literasi siswa di SMA Negeri 4 Palopo dan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi kepala sekolah untuk meningkatkan literasi siswa di SMA Negeri 4 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yaitu data primer: Kepala sekolah, Guru, Siswa dan Pustakawan atau Staf Perpustakaan. Sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan literasi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Palopo dilakukan
secara sistematis dan kolaboratif, melibatkan seluruh stakeholder di sekolah tersebut. Perencanaan mencakup penetapan tujuan sekaligus perumusan langkah- langkah, strategi, dan sumber daya yang dibutuhkan agar tujuan tersebut dapat dijalankan dengan efektif dan efisien. (2) Implementasi strategi kepala sekolah
dalam meningkatkan literasi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Palopo yaitu melaksanakan program literasi baca kitab suci Al-Qur`an yang dimana kegiatan ini berlangsung dilakukan selama 5 hingga 10 menit sebelum pembelajaran dimulai, memberikan penghargaan kepada siswa yang rajin berkunjung keperpustakaan untuk membaca, dan sekolah melakukan pengadaan buku bacaan di perpustakaan. (3) Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi kepala sekolah untuk meningkatkan literasi siswa di Sekolah Menengah
Atas Negeri 4 Palopo yaitu kemalasan atau kurangnya motivasi, kecenderungan untuk memilih aktivitas lain seperti bermain gadget, dan kurangnya koleksi buku bacaan yang sesuai dengan minat siswa.
Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Literasi Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:22 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:22 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11122 |